Taman Depan Rumah

Tanya:
Saya karyawan swasta, memunyai rumah LB/LT 70/120 menghadap ke
barat dan hampir tidak bisa mendapatkan sinar matahari pagi karena rumah saya dikelilingi oleh bangunan berlantai 2. Lahan sisa di halaman depan berukuran 10m x 3m dan dicor semen. Saya ingin menanam bunga-bunga di halaman tersebut dan saya juga berniat untuk membuat “pagar hidup” untuk menambah kesegaran alami dan mengurangi debu/polusi udara. Pertanyaan saya adalah:
1. Jenis tanaman apa yang cocok, mengingat saya adalah pekerja lapangan yang bekerja 2 minggu penuh di lapangan?
2. Bagaimana dengan jenis tanaman yang merambat? Sebaiknya ditanam di dalam pot atau ditanam langsung ke tanah?
Mohon penjelasan dan terima kasih atas perhatiannya.

Aji Kurniawan-Balikpapan

Jawab:


Bapak Aji, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk memberi ”hawa hijau” di depan rumah Bapak, pertama tentukan dulu gaya taman model apa yang Bapak inginkan. Apakah minimalis sesuai tren sekarang? Atau gaya mediterania? Bila menginginkan gemericik air, gaya taman sari tentu menarik. Pilihan gaya bisa disesuaikan jenis rumah Bapak atau sesuai selera saja, karena kita juga bisa membangun taman bergaya campursari yang penuh dengan aneka warna dan jenis tanaman tanpa terpaku pada bentuk rumah.

Setelah menentukan pilihan gaya, berikutnya adalah memperhatikan terlebih dahulu lokasi jatuhnya sinar matahari di atas sisa lahan di halaman depan itu. Tandai area yang terkena sinar matahari, dan di situlah tanaman keras ditempatkan.

Di tempat-tempat itulah sebaiknya Anda tanami dengan tanaman keras yang butuh sinar matahari. Anda bisa memilih pohon buah seperti mangga, jambu, klengkeng, atau tanaman hias berpohon keras seperti kol banda, kerai payung, glodokan, janda merana, cemara, dan sebaginya. Bila menginginkan pohon yang berbunga, Anda bisa memilih flamboyan, kasia emas, bintaro, atau kembang kecrutan.

Tanaman hias bisa ditambahkan untuk membantu menambah aksen dan kecantikan taman. Kalau Anda terganggu dengan debu dan polusi udara, pohon lidah mertua atau sansiviera cocok karena ia adalah penyerap bau dan asap polutan di udara. Tanaman ini bisa ditanam langsung di tanah, atau ditempatkan di dalam pot.

Tentu saja, Anda masih bisa menambahkan aneka pepohonan dan tanaman hias lain di area tersebut, dengan tetap memperhatikan jenis tanaman dan ketersediaan suplai sinar matahari. Kelompok filodendron termasuk tanaman yang memiliki banyak ragam dan berkembang baik di tempat kurang sinar matahari. Anda bisa menanamnya dalam pot. Tanaman lain yang dapat Anda pilih sebagai pemanis antara lain lili paris atau sri rejeki yang juga enggan terkena matahari langsung.

Bila Anda menghendaki tanaman merambat, cangkir mas, alamanda, nona makan sirh, bisa dipilih karena bunganya terkenal cantik. Kalau tak terlalu suka dengan golongan itu, monstera, sirih, atau sirih gading bisa jadi alternatif.
Tentang pertanyaan apakah sebaiknya tanaman ditanam di pot atau tanah, jawabnya adalah tergantung kebutuhan. Yang jelas, tanaman yang ditanam langsung di tanah biasanya berkembang jauh lebih baik dibandingkan yang di dalam pot.

6 Comments

  1. Luqman Hakim said,

    02 October 2007 at 9:05 am

    kl luas lahan taman 3 x 3 meter, gmn ya, trus pohon yang rindang pi gedenya batang dan daun lurus ketas (tdk kekanan dan kiri terlalu panjang) apa ya jenis tanamannya, pls reply to my e-mail,thx

  2. aweha said,

    02 October 2007 at 9:40 am

    Kalau mau mencari batang yang lurus dan agak gampang tumbuh, pilihannya adalah glodokan tiang Bro Luqman. Alternatif lainnya adalah jenis palem, tapi sekarang jarang ditemui palem yang bagus untuk depan rumah.

  3. Retty said,

    04 December 2007 at 11:44 pm

    Wah kalau saya nggak nanam mangga di tempat yang sudah kekurangan matahari supaya interior juga kebagian matahari. Kenapa lahan depan di cor semen? Berfungsi sebagai carpark?

    Walah malah aku balik nanya….

  4. hudi Lembang said,

    12 March 2008 at 2:43 pm

    Yang saya tahu dan saya menanamnya, dengan pot2 yang bagus jenis2 Aglonema bisa tumbuh cantik dengan sedikit sinar dan sekalian untuk hiasan.
    Anthurium juga bisa tumbuh baik dengan sedikit sinar( mediannya yang benar jangan terlalu banyak air di medianya dan dipupuk daun secara rutin setengah bulan sekali)
    Untuk pagar hidup teh2an juga bandel dan bisa hidup kurang sinar.

  5. mamatika said,

    05 July 2008 at 10:09 am

    thanks pak aweha saya jadi dpt ide untuk membuat taman.kebetulan rumah saya juga menghadap ke barat, tapi tamannya lumayan kecil 7 X 3,5 m.Cocoknya ditanami apa ya pak?tanaman di atas saya banyak yang nggak kenal, seperti janda merana,glodokan,kerai payung, kembang kecrutan, itu yang pohonnya seperti apa ya pak?apakah bisa tumbuh disembarang tempat?

  6. 30 November 2012 at 10:36 am

    Ok


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: